Total Tayangan Halaman

Jumat, 29 April 2011

AKU dan ANAKKU

PESAN

PESAN DARI SANG ISTRI
Hidup hanya (X)
Dosa jangan (+)
Amal jangan di (-)
Cinta jangan di (:)
Gugur bunga karena layu
Gugur iman karena nafsu
Gugur cinta karena cemburu...
Tertawa karena bahagia
Menangis karena bersedih
Bertobat karena dosa
Bersihkan hati..
Sucikan jiwa..
Mari jalani kehidupan dengan hati sabar dan tawaqal
Berbuat penuh keyakinan dan keikhlasan
Slalu diberi kesabaran...Amin
3 hal yang membuat kuat iman : iman, pengharapan, kasih
3 hal yang tidak akan dilupakan : cinta, kejujuran, persahabatan
3 hal yang tidak akan kembali : waktu, perkataan, kesempatan
3 hal yang membuat kita dewasa : kerja keras, kesetiaan, rasa syukur
Perhiasan terindah adalah kerendahan hati
Kasih yang teruji adalah kesetiaan
Kekayaan terbesar adalah kebijaksanaan
Harta terbaik adalah kejujuran
Senjata terkuat adalah kesabaran
Pengaman penting adalah iman
Dan obat termanjur adalah doa
(29 April 2011)

Selasa, 26 April 2011

http://www.4shared.com/file/P4tTm_GQ/Lirik_lagu_Smash_Versi_OVJ_Cen.html

PUISI

PUISI-PUISI REZA ORIZA AZKIYA
KAMPUNG IBUKU
Berada di antara bukit-bukit
Di tepi hutan pinus
Sungai mengalir jernih
Airnya taK pernah berhenti mengalir
Walau kemarau panjang
Udaranya sejuk
Hawa dingin

MATAHARIKU
Kabut putih menyelimuti langit
Menutup indahnya biru langit
Entah kapan engkau pergi
Hingga matahariku bersinar cerah
Matahariku...
Aku rindu cahayamu
Sungguh beberapa hari ini
Aku tak melihat wajahmu
(KAHYANGAN 2011)

Casey study

CASE STUDY

MELATIH KEPEDULIAN SISWA TERHADAP PENYAKIT ATAU KELAINAN DI SEKITAR KITA
Oleh : Maria Erlin Widihapsari, S. Pd.


Aku adalah seorang guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di sebuah daerah yang lumayan jauh dari kota Wonogiri, tepatnya aku bekerja di SMP Kanisius Tirtomoyo. Aku mengajar Bahasa Indonesia untuk kelas 7 dan 9. Hari itu adalah hari Senin dan di sekolahku dilaksanakan upacara bendera. Setelah upacara, aku ada jam kosong jadi aku gunakan untuk persiapan mengajar. Hari Senin merupakan jadwalku mengajar kelas 9 dan untuk jam ke 3,4 selama 80 menit mulai pukul 08.40 ada di kelas 9A. Aku akan mengajarkan materi tentang iklan baris.
Bel jam ketiga berbunyi dan itu pertanda aku harus mulai mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 9A. Aku bangkit berdiri dari tempat dudukku lalu kulihat jadwal mengajar hari Senin yang tertulis pada papan tulis putih yang menempel di dinding kantor guru. Aku lihat kode mengajarku J di kelas 9A. Aku masuk di kelas 9A memberikan salam lalu mengabsen siswa dan mengisi jurnal kelas serta agenda guru. Para siswa mempersiapkan diri untuk pembelajaran saat itu. Pada pertemuan ini aku akan melaksanakan pembelajaran kelas 9 Kompetensi Dasar : Menulis iklan baris dengan bahsa yang singkat, padat dan jelas. Indikatornya : (1) Mampu menyingkat kata-kata sesuai dengan kebiasaan iklan baris, (2) Mampu menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat dan jelas. Pada kegiatan awal atau pendahuluan aku memberikan penjelasan sedikit tentang iklan baris. Aku bertanya pada siswa, “ Siapa yang tahu tentang iklan baris?” tetapi tak satupun siswa yang menjawab. Mereka diam dan saling berpandangan dengan teman, kemudian aku berikan penjelasan pada mereka. Di saat aku mendirikan penjelasan ternyata ada juga siswa yang berbicara dengan temannya tanpa memedulikan aku yang melihatnya. Aku minta mereka untuk mempelajari materi tersebut dari buku paket Bahasa Indonesia kelas 9, kemudian aku minta mereka untuk mengambil surat kabar di perpustakaan. “Bukalah surat kabar tersebut yang isinya tentang iklan baris, lihat contoh yang ada di buku paketmu !” kataku menjelaskan. O, ini to Bu, kalau itu saya tahu,” kata salah satu muridku. Ternyata hal itu sudah mereka ketahui sebelumnya, tetapi karena mereka tidak tahu bahwa namanya itu iklan baris jadi mereka terlihat bingung.
Pada kegiatan inti pembelajaran, siswa aku minta masuk dalam kelompok yang sudah aku bentuk sejak awal tahun pelajaran, jadi setiap pelajaran Bahasa Indonesia sudah ada kelompok tetap. Dalam kelompok, saya minta mereka untuk mengamati beberapa contoh iklan baris yang ada di dalam surat kabar. Kemudian aku beri tugas untuk mencari kata-kata yang penulisannya mengalami penyingkatan kata dalam iklan baris. Setelah beberapa menit mereka mengerjakan, kemudian kita bahas bersama-sama dan ternyata masih ada kelompok yang menjawab salah karena mereka tidak mengerjakan dengan sungguh-sungguh.
Kegiatan berikutnya, saya minta siswa dalam kelompok dapat menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat dan jelas. Setiap kelompok diharapkan dapat menulis 5 iklan baris yang berbeda- beda jenisnya. Selama kegiatan kerja sama dalam kelompok berlangsung, aku amati ternyata belum semua anggota kelompok dapat terlibat aktif dan hanya siswa tertentu saja yang mengerjakan dengan sungguh-sungguh. Masih ada siswa yang ngobrol, bercanda dengan temannya tentang hal lain di luar materi, ada juga yang bernyanyi, bahkan ada juga yang diam saja. Setelah dirasa cukup waktu untuk mengerjakan tugas tadi, lalu aku lanjutkan dengan kegiatan saling melaporkan hasil pekerjaan setiap kelompok.
Pada kegiatan penutup, aku dan siswa bersama-sama membuat kesimpulan tentang hasil pembelajaran kita pada pertemuan hari ini dan mengumpulkan hasil pekerjaan siswa dalam kelompok tadi. Selain itu, aku juga memberikan tugas rumah pada siswa,dan memberikan sedikit cuplikan materi untuk pertemuan berikutnya. Bel kembali berbunyi dan itu pertanda aku harus menghentikan pembelajaran di kelas 9A ini. Dari pembelajaranku itu, ternyata aku bisa memanfaatkan peluang yang ada di sekitar kita. Apapun yang ada di sekitar kita dapat membantu proses pembelajaran semua mata pelajaran di sekolah.